Perahu Baganduang Kuantan Mudik Masuk Nominasi API 2018

Teluk Kuantan - Tradisi unik Perahu Baganduang dari Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018.

Masuknya Perahu Baganduang sebagai nominasi, merupakan nominasi yang kedua diraih oleh jenis pariwisata yang ada di Kabupaten Kuansing. Sebelumya, pacu jalur juga masuk nominasi API 2017 lalu dan telah dinobatkan sebagai pariwisata terpopuler se Indonesia.

Pada tahun 2018 ini giliran Perahu Baganduang yang masuk dalam nominasi API Award 2018 dalam kategori Atraksi Budaya Terpopuler.

Hal ini disampaikan Kadis Pariwisata Kabupaten Kuansing, Marwan,Spd.MM melalui Wa ke bagian Humas Dan Protokoler, Senin (04/06/2018).

Sekedar diketahui, Perahu Beganduang adalah gabungan dari dua hingga tiga buah sampan panjang yang dihiasi dengan beragam pernak pernik. Baganduang artinya bergandeng.

Perahu-perahu ini dirangkai menjadi satu (diganduang) dengan menggunakan bambu. Perahu baganduang menjadi bagian dari tradisi yang ada di Lubuk Jambi, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuansing.

Perahu Baganduang adalah kendaraan adat yang digunakan untuk tradisi Majompuik Limau. Tradisi ini telah dilakukan masyarakat selama kurang lebih satu abad lalu lamanya.

Untuk mendukung perahu baganduang ini menjadi pemenang pada API 2018, masyarakat diminta untuk mengirimkan vote SMS dengan cara ketik API 8D kirim ke 99386 sebanyak banyaknya, Ayo kirim Sms.

Sumber : https://kuansing.go.id
Image source : http://ariansibenai.blogspot.com

Kata Sambutan

Kepala Dinas
Para pengunjung yang berbahagia. Pada kesempatan yang berbahagia ini kami ingin menyampaikan selamat bergabung dengan website resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Kuantan Singingi! Inilah yang bisa kami lakukan di dunia maya. Dengan segala keterbatasan kami, kami sangat ingin dapat memberikan informasi, berkomunikasi dan sekaligus menjaring aspirasi dari anda semua. Maka manfaatkanlah media ini, semoga media ini dapat memberikan kebaikan kepada kita semua. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuantan Singingi

Topik